Sabtu, 03 Februari 2018

TANAMAN BUNGA YANG MUDAH DITANAM

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

Alhamdulillah...
Semoga sahabat semua diberikan kesehatan dan keberkahan.. aamiin..
Akhir-akhir ini di kota saya Banyuwangi, hujan hampir setiap hari turun. Turunnya mulai dari malam, bergeser ke pagi, lalu mundur ke siang hingga sore. Suasana setiap harinya cenderung dingin dan mendung. tapi alhamdulillah, harus selalu disyukuri atas nikmat yang Allah berikan karena masih banyak saudara-saudara di tempat lain yang sangat menantikan hujan.

Salah satu kegiatan saya yang baru muncul kembali awal tahun ini, setelah lama terkubur karena kemalasan, adalah berkebun. sebenarnya saya tidak memiliki halaman yang luas, namun masih cukup untuk dapat sedikit di tanami beberapa tanaman. walau sayangnya rumah saya itu ternyata, tanahnya bukan tanah yang subur, karena dulu bekas bangunan lain, jadinya sudah banyak berbeton dan berbata. tapi saya masih bisa mencari beberapa bagian yang bisa ditanami. Alhamdulillah. mungkin lain kali saya akan lebih banyak menggunakan pot.

karena saat ini musim hujan, dan untuk memulai hobi baru saya yaitu berkebun, saya cenderung mencari tanaman yang mudah tumbuh, dan mudah bertahan hidup. Pilihan saya jatuh pada beberapa tanaman hias yang berbunga indah. Setelah melalui beberapa sesi bertanya pada sekitar, melakukan pencarian di internet, hingga meminta bibit pada saudara dan tetangga, berikut ini saya share 4 jenis tanaman bunga yang mudah ditanam, serta mudah ditemui di sekitar kita. Bahkan kerennya juga, keempatnya memiliki warna warna yang sangat indah.

1. Bunga Tapak dara
Nama binomial : Catharanthus roseus
Nama lain : kembang tembaga (sunda), sindapor (Sulawesi)



Deskripsi ringkas:

Perdu kecil tahunan, berasal dari Amerika Tengah. Tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat yang terbuka, tetapi tak menutup kemungkinan bisa tumbuh di tempat yang agak terlindung pula. Habitus perdu tumbuh menyamping, Tinggi tanaman bisa mencapai 0,2-1 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih.
Selengkapnya : Wikipedia Tapak dara
Catatan dariku: 
Bunga tapak dara ini pernah aku infokan dulu, di satu tulisanku di tahun 2010, sebagai bunga yang aku belum tahu namanya.Alhamdullillah sekarang aku sudah mengetahui namanya. Disekitar rumahku, tanaman ini tumbuh secara liar, mudah ditanam melalui biji, atau juga bisa dari setek batang.Biasanya bunga tapak dari berwarna putih, ada pula yang keunguan. Bunga ini tidak memiliki bau khas yang wangi dan bukan bunga yang cocok untuk rangkaian bunga. Namun dibalik itu, tanaman tapak dara ternyata sangat bermanfaat di kesehatan. Terutama daunnya, banyak berkhasiat untuk pengobatan. Masya Allah.
Berikut salah satu artikel tentang manfaat bunga tapak dara:

2. Bunga Kertas (Zinnia)


Deskripsi Singkat: 
Bunga kertas (dalam bahasa inggris disebut Zinnia Flower, youth and old age flower) adalah bunga yang berupa semak dan perdu kecil, berasal dari MeksikoAmerika Tengah dan Amerika Selatan, yang memiliki mahkotabunga yang sangat tipis dan kaku mirip dengan lembaran kertas.[1] Bunga kertas terdiri dari 20 jenis tumbuhan. Bunga ini beersifat semusim, semak, dan sub-semak asli Amerika Utara dengan satu spesies memperluas ke Amerika Selatan. Berikut artikel lengkap tentang Zinnia flower
Catatan dariku :
Bunga ini di Indonesia juga sering ditemukan tumbuh liar dengan berbagai warna yang cantik. pun sekarang banyak toko bibit bunga (bahkan online) yang menjual bibit bunga kertas ini, dalam bentuk biji, dan Masya Allah, dengan bermacam varietas dan bentuk serta gradasi warna yang cantik. ada yan mahkotanya bersusun berlapis-lapis, ada pula yang hanya satu lapis seperti di gambar. bunga ini mudah tumbuh di dataran rendah, tetapi juga bisa tumbuh di daerah berhawa dingin.
Pengalaman menanam bunga ini, bijinya cukup cepat tumbuh jika sering disiram, daun-daun kecilnya yang beberapa hari sudah mulai tampak, membuat harapan jadi mekar (hubungannya apa?hehe). namun sayang daunnya termasuk yang disukai belalang (atau tikus?) sehingga ketika tumbuh masih kecil, kadang kala daunnya sudah gundul. sayang sekali. 
Berikut salah satu artikel cara merawat bunga kertas dari web flowerian. https://flowerian.com/728/cara-merawat-bunga-zinnia.html

3. Bunga Pukul Sembilan (Portulaka / Krokot)



salah satu hasil bertanam bunga krokot di rumah saya

nama binomial : Portulaca Gandiflora
Nama lain : Bunga krokot, portulaca, moss rose

Deskripsi singkat :
Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman asal Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia.
Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora) memiliki daun tunggal, tidak bertangkai, berbentuk silindris dan tebal berdaging dan berair. Ukuran daun ini memiliki panjang sekitar 1 – 3,5 cm. Bunganya berkelompok 2 – 8 yang muncul diujung batang. Bunga ini mekar pagi hari sekitar pukul 9 dan layu ketika sore hari. Warna bunganya bervariasi mulai merah, putih, orange, hingga kuning. Karena kebiasaan mekarnya pada menjelang pukul sembilan pagi, bunga ini kerap disebut sebagai Bunga Pukul Sembilan. Berikut beberapa artikel lengkap :
Catatan dariku :
Bunga ini cantiik... dan sering berbunga. warna bunganya juga sangat bermacam-macam. Jika kawan-kawan search bunga ini dengan keyword portulaca grandiflora, atau krokot, atau moss rose, nanti akan disuguhi bermacam macam warna bunga yang indah ini. 
Cara penanamannya mudah, cukup memetik batangnya, dan ditanam di tanah yang gembur (stek batang). dapat juga di tanam di pot. Jangan lupa disiram secara teratur. Bunga ini memperbannyak diri dengan runduk, jadi ketika batangnya menjulur panjang, bagian bawah akan berakar. Ketika tanaman ini sudah berbunga banyak dan memenuhi pot, akan sangat terlihat indah dan mungil.
Tapi, jangan lupa untuk mereplant tanaman ini, setelah beberapa bulan. biasanya jika agak lama, tanamannya terlihat kurang bagus seperti sebelumnya. itu berarti sudah saatnya menanam kembali. semangat :D. Saya berkeinginan untuk memiliki bunga pukul sembilan yang kuning. Sampai sekarang belum ditemui di sekitar saya :)

4. Bunga pacar air





Gambar kedua, foto diambil dari :

Pacar air (bahasa LatinImpatiens balsamina L.)
Deskripsi singkat: 
Pacar air adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.
Tanaman ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukannya. Walaupun demikian, tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan yang kering. Berbagai bagian tanaman ini biasa digunakan sebagai obat tradisional.
Catatan dariku :
Bunga pacar air adalah salah satu bunga kesukaanku juga. apalagi daunnya dapat digunakan untuk pewarna kuku (pacar kuku). Caranya mudah, cukup haluskan daun bunga ini, tempelkan ke kuku hingga agak kering. kuku akan berwarna orange seperti menggunakan henna.
Bunga ini sangat bermacam-macam warnanya. Bunganya mirip anggrek, ada yang agak kecil, ada juga yang memiliki mahkota rumpuk nan cantik. bunganya tidak berbau harum. sangat cocok ditanam di daerah yang memiliki curah hujan sering. Sangat mudah ditanam dengan biji. Biji yang sudah tua, ditandai dengan warnanya yang kekuningan. Biji ini dapat "mletek" (dapat terbuka) dengan sendirinya, sehingga biji-bijinya yang tua dapat bertebaran sendiri di tanah. Sangat unik. 
Namun karena bunga ini cepat tumbuh, ada kalanya kita harus rutin untuk mengendalikannya. Sehingga tetap terlihat teratur.
Selain itu, ternyata tanaman ini juga berkhasiat sebagai tanaman obat. Berikut salah satu artikel tentang khasiat bunga ini. http://khasiat-tumbuhan.blogspot.co.id/2014/05/manfaat-tanaman-pacar-air.html

Demikianlah, ke 4 tanaman bunga yang mudah ditanam versi pemula seperti saya. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk kembali menghiasi lingkungan kita dengan bunga warna-warni. Sangat menyenangkan kawan. Berkebun bisa menjadi salah satu penghilang stres karena rutinitas sehari-hari. keempat bunga ini aku pikir juga bukan bunga yang memerlukan penanganan khusus yang menyita waktu. Mungkin hanya saat-saat tertentu saja. Jadi, mari kita mulai menanam... :)

Fi amanillah. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai Sobat.. Jangan lupa memberi komentar ya...
terima kasih..