Sabtu, 20 November 2010

Internet Sehat Bikin Hebat!!


Internet, sebagian besar dari kita tentu sudah akrab dengan istilah ini. Sebagian kecil lainnya, mungkin masih asing. Tapi aku yakin cepat atau lambat jaringan ini akan semakin memasyarakat. Kok bisa yakin? tentu, karena di Internet kita dapat menemukan hampir semua hal di Dunia. Bukan lagi terbatas hanya Indonesia.
Zaman sekarang yang memasuki zaman Global, semua hal dituntut lengkap, cepat, praktis, murah, dan mudah penggunaannya, dan Internet memenuhi persyaratan tersebut. Kita dapat melakukan banyak hal di Internet, mulai dari mencari Informasi terbaru, berbagi ilmu pengetahuan, berkomunikasi dengan kawan dan relasi, berdebat di Forum, sarana hiburan, jual beli, sampai dengan mencari Penghasilan
Karena manfaatnya yang sangat besar, kini Internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang.  Apalagi bagi Generasi Muda, yang selalu haus akan pengetahuan dan segala hal yang up to date.  Tinggal mengaktifkan Internet melalui komputer dan media yang lain, kita langsung dapat terhubung dengan Dunia "Maya" ini. Tapi, segala sesuatunya di Dunia ini pasti ada resikonya kan.. Begitu juga dengan Internet.
Internet, akan dapat memberikan sejuta manfaat apabila kita menggunakannya dengan sehat, sebaliknya apabila kita menggunakannya dengan menyimpang a.k.a. tidak sehat, maka kerugianlah yang akan kita rasakan. Jadi, kita harus pintar memilih dan memilah, bagaimana Ber'Internet sehat dan yang tidak ...
Internet sehat itu bagaimana sih?
Menggunakan Internet secara sehat itu tergantung tiap individu, tapi menurutku, menggunakan Internet secara sehat yaitu menggunakan Internet sesuai dengan kebutuhan, usia, waktu, dan tetap mematuhi aturan. Jangan lupa, kita juga harus berInternet dengan niat dan posisi yang benar, karena jika niat awal sudah nggak bener, pasti akhirnya juga nggak bener. Dan posisi ber internet yang bener bisa membuat tubuh tetap sehat.
Lalu contoh penggunaannya?
Salah satu contoh penggunaan Internet yang cukup Populer yaitu Blogging. Saya termasuk salah satu yang menyukai layanan ini. Dengan NgeBlog, kita bisa menuangkan ide kita,  meningkatkan kemampuan menulis, curhat, sampe sharing ilmu kepada seluruh pengguna di Dunia. di Dunia Blog kita juga dapat berhubungan dengan orang lain, bertukar pendapat, dapat masukan yang berharga, Blogwalking alias berjalan-jalan di Blog sahabat sambil mencari Ilmu, dan kita juga bisa menghasilkan rupiah dari kegiatan Ngeblog. Bermanfaat sekali bukan...

Contoh lainnya yaitu Jejaring Sosial. Misalnya saja, Facebook. Facebook memiliki banyak sekali pengguna. Bahkan orang-orang yang notabene masih Newbie alias pemula, pertama kali mengenal Internet karena Facebook. Bahkan anak-anak SD sudah ada yang memiliki account ini (Padahal usia minimal pengguna Facebook adalah 13 tahun ya..). Dengan bersurfing di Facebook, kita dapat berhubungan dengan teman, sahabat, baik yang sering bertemu secara langsung maupun tidak. Sungguh kegiatan yang sangat menarik ketika kita saling mengomentari suatu status, berbagi foto, video, bahkan jual beli menggunakan media ini.

Contoh diatas, keduanya sangat bermanfaat, lalu apanya yang tidak sehat?
Setiap hal pasti bisa menjadi baik dan buruk tergantung kita yang menjalaninya. Ngeblog  dan Facebook (sebagai contoh) juga bisa menjadi Kegiatan yang kurang sehat jika tujuan kita menggunakannya untuk hal yang salah, misalnya memposting Artikel yang berbau SARA, perang komentar yang bernada BASHING, menyebarkan berita, baik itu berupa foto maupun Video yang melanggar Aturan., hacker, sampai menyebarkan virus dan worm yang membahayakan pengguna Internet yang lain. Kegiatan-kegiatan seperti itu adalah contoh kecil penggunaan Internet tidak sehat.

Selain itu, berInternet, juga bisa menjadi kegiatan tidak sehat apabila menggunakannya  secara berlebihan, sampai lupa mengerjakan tugas, lupa makan, mengacuhkan dunia nyata, menghabiskan uang...apalagi masih dibawah umur, karena dunia Internet cenderung bebas, sangat rentan terkontaminasi hal-hal yang kurang benar, baik sengaja ataupun tidak. Tentu hal ini sangat membahayakan bagi kita. Apalagi Generasi Muda yang merupakan Masa Depan Bangsa.
Sungguh Ironis ya, jika melihat banyak Anak-anak muda menghabiskan banyak waktu sia-sia untuk hal-hal yang kurang sehat seperti contoh negatif diatas. Masih banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan fasilitas Internet. Boleh saja, sesekali mencari hiburan dengan bermain game, chatting, tapi juga harus tau waktu, jangan sampai masa muda kita banyak terbuang tanpa berkarya. BETUL ngga?

Jadi yuk sama-sama berInternet sehat, biar kita jadi hebat!
Sekarang, Pilihan ada di tangan kita sendiri. Mau jadi orang HEBAT atau cuma mau senang-senang saja ... Banyak lo, contoh-contoh orang yang berhasil menjadikan Internet menjadi media menuju kesuksesan, mereka bisa menggunakan Internet secara sehat sehingga dapat menjadikan hidup yang lebih baik. Sebagai contoh, menjadikan Internet menjadi Lahan Bisnis Online. Saya sangat kagum dengan mereka. Dapat memanfaatkan segala peluang yang ada. Usaha mereka berkembang pesat karena Internet. Dan itu berarti mereka dapat memanfaatkan Internet secara sehat.
Bukan hanya berlaku untuk kalangan tertentu saja.. Kita  juga bisa jadi HEBAT dengan Internet sehat. Jadi Hebat nggak harus famous, tapi mulai dari diri kita sendiri, gimana dampaknya setelah kita berInternet sehat, dijamin Hidup kita jadi lebih baik dan hebat. AKUpun masih banyak kekurangan soal ber Internet sehat, namun aku akan berusaha memperbaikinya dan semoga bisa jadi Orang yang Berhasil berInternet sehat.
Ada beberapa tips berInternet sehat nih!
Pertama, Semua dimulai dari diri kita. Kalau kita ingin sehat (baik jasmani, rohani) ayo mulai dari sekarang berInternet sehat!! Menggunakan Internet sesuai kebutuhan dan dengan posisi yang benar.
Kedua, Kita juga harus menyadari kalo Dunia Maya juga nggak sempurna, dan nggak 100% aman. Jadi  Jangan Percaya sama apapun yang nggak jelas di dunia Internet ini. Jadi, jangan cepat tertipu ya..
Ketiga, bekali komputer kita dengan Alat bantu Tangkal Materi Negatif. Contohnya Antivirus, Software Parental, Anti spam, dll. Walau nggak 100% efektif, tapi demi keamanan perangkat kita, hal ini sangat dianjurkan. Dan kalau diperlukan, pakai filter untuk situs-situs yang berbahaya.
Keempat, selalu berusaha mematuhi peraturan dan hati-hati. Karena, kalau kita udah salah jalur, kita bakal rugi gedhe. Dan pasti kita akan nyesel, kenapa dari dulu-dulu ya nggak Ber'internet sehat..
Kelima, menyeimbangkan penggunaan Internet dengan Kehidupan Nyata. Dunia Maya emang asyik, tapi ada dunia kita yang sesungguhnya. Yaitu dunia nyata, ada saat kita berInternet, main game, ada saat kita berkumpul bersama keluarga, sekolah, travelling, dan ada saat kita mendekatkan diri pada Pencipta secara nyata. Dengan menyeimbangkannya kita pasti akan dapat "Manis" di dua-duanya.
Keenam, Untuk lebih baiknya, jangan RAGU untuk menularkan kepada yang lain, bukan menggurui, tapi sharing yang baik itu penting. kita harus nyontohin Internet sehat sama orang lain, bahkan yang terpenting ke adik-adik, anak-anak, gimana ber Internet secara sehat. Mengenalkan Internet kepada mereka sesuai umur. Mengawasi dan membimbing ketika mereka mulai berInternet. Karena Generasi Muda adalah Masa depan bangsa. Jadi yuk bersama sama ikut berkontribusi. Yaitu salah satunya dengan Internet sehat ini.

Jadiiii... tunggu apa lagi .. yuk semua, kita ber Internet sehat!! dijamin nggak rugi. Karena Internet Sehat bikin HEBAT!!

Bismillahirrohmanirrohim.. Artikel ini aku ikutkan di Festival Blog 2010 yang diadain oleh .Blog Bandung Vaganza. Semoga bermanfaat buat semua.. Yang mau ikutan, masih ada kesempatan.. langsung ke TKP ya..

31 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Ning Ajeng,
    Ibarat pisau bermata dua, satu sisi internet banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, namun bisa jadi melukai yang bersangkutan jika salah dalam menggunakannya.

    Semoga menang ya Ning, pakies dukung dengan do'a

    BalasHapus
  2. @Pak Dhe, iya pak deh, setuju banget .. hehe, belajar nulis panjang pak dhe, maafin ya masih blom bagus.. makasih pak dhe.. :)

    BalasHapus
  3. Semoga sukses Mbak...
    Saya sudah sering baca artikel serupa, tetapi selalu senang untuk terus di-ingatkan...Thanks!
    salam kenal

    BalasHapus
  4. Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
    I would like to share good news also. Here you:

    English Teachers Urgently Required !!!

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
    g. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
    h. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

    BalasHapus
  5. @Ms PrimeEdges : makasih dah mampir mas, hehe, walau belum sempurna, namun semoga nggak pusing mbacanya.. :)
    @Easy Speak : thank you so much ^^

    BalasHapus
  6. waaa
    ikut lomba ini yah^^
    chika juga pengen ikutan euyy
    tapi belum sempat nulis

    internet itu akan bermanfaat jika penggunanya menggunakannya dengan baik^^

    BalasHapus
  7. waah, lg ikut festival ya sob..?
    smoga aja menang ya...
    jd kpengen ngintip festivalnya ah, siapa tau aku pgn ikut
    :)

    BalasHapus
  8. internet itu diibaratkan sebuah jendela dunia, meskipun kita nongkrong dlm kmr di dpn internet, tp kita bs mengetahui keadaan di seluruh dunia.

    itu slh satu manfaat kalo kita menggunakan internet dgn baik.

    BalasHapus
  9. wah,,,kayanya banyak yg ikutan kontes ini ya...
    adanya kontes kaya gini juga mempromosikan internet sehat ya...

    BalasHapus
  10. Tulisannya bermanfaat bgt mbak..
    memang sayang sekali ada orang yg menggunakan internet untuk hal-hal yg ga baik
    btw, beneran udh terima paketku kan? aku kirimnya hari senin tgl 8 atau selasanya gitu, lupa... via T*** reguler, kalo baru sampai tgl 16 berarti lemot bgt ya..hiks hiks

    BalasHapus
  11. mari menggalangkan internet sehat sejak dini dan mendukung agar tidak membuka content tidak senonok… :D

    Mari berinternet sehat :)
    http://sibair.blogdetik.com/internet-sehat-bikin-hebat/
    mari saling mendukung :)

    BalasHapus
  12. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    Wah yg ikut lomba internet sehat banyak sekali ya mbak.

    @ Pak Ies: setuju sekali, internet bagai pisau. Punya dus sisi, tergantung si kokinya.

    Hemh..semoga kita termasuk koki yg handal.

    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  13. Salam Persahabatan Comon Cyber %-__-%

    Semoga menang ya mba!
    Saya jadi minder nh ikutan lomba ini. Kyknya gak jadi dah....

    Yen, jare wong tegal, pokoke internet kuwe kyk bendo, kyk matane elang.
    Hohoho

    BalasHapus
  14. wah...keren ni jeng...bener banget, kadangkala kita selalu lupa kalo sedang berhubungan dengan dunia maya..tapi semoga saja kita bisa mengontrol semua kegiatan kita bila di depan dunia maya (termasuk aku sendiri)....semoga sukses dengan artikel yang diikut sertakan dalam lomba ini yah jeng...SEMANGAAAAAAATTTT...HWATING....

    BalasHapus
  15. satu-satunya yang nggak ada di internet = "BATAS"
    salam sukses sesama peserta!

    BalasHapus
  16. Mantaps, komplit penjelasannya.

    BalasHapus
  17. @penghuni60 : iya nih teman.. hehe, ikut berpartisipasi.. iya, ikut aja
    @Science box : sip, setuju.. :)
    makasih dah berkunjung..

    BalasHapus
  18. @Chika : he'em chika.. ikut aja.. pasti tulisan chika bagus .. :)
    @Mbak Riesta : iya mbak... Harus memasyarakatkan Internet sehat.. :)

    BalasHapus
  19. @DewiCitra : iyA Mbak.. Udah sampai .. makasih ya mbak..
    @Sibair : makasih dah berkunjung.. ntar aku kesana..
    @Bumi : iya.. hehe.. setuju emang kayak pisau 2 sisi..
    @Common : punyaku ini masih jelek .. :), ikut aja teman..

    BalasHapus
  20. @mbak cy : Makasih banyak mbak.. Semangat!!!
    @Johan : yang nggak ada juga yaitu dunia nyata.. hehe, nyawa juga... sip, semangat juga ya teman...
    @Rosa : trims,, makasih ya dah berkunjung ...

    BalasHapus
  21. Wah wah blog keren nih informatif lagi thanks informasinya semoga tambah sukses kedepannya. salam kenal dari bloger lombok utara

    BalasHapus
  22. moga menang yaaa :) ayo berinternet dengan sehat :)

    BalasHapus
  23. wah..ane kalo chating emang ga tw wktu..tapi ga pa..pa..ah..asal jangan lupa solat aja..

    BalasHapus
  24. setujuuuuuuuuuuu
    yuk berinternet sehat
    dan dapat banyak manfaat yang positif dari situ

    BalasHapus
  25. ayo kita galakkan internet sehat dan aman :) selamat berkompetisi :)

    BalasHapus
  26. menarik mbak, karena internet sehat juga termasuk bagaimana cara kita mengatur posisi duduk kita agar tetap sehat saat berinternet ..

    sukses buat kompetisinya !

    BalasHapus
  27. @Lombok Guide :Amin.. makasih banyak ya.. salam kenal juga...
    @Kemank : makasih sobat.. Ayo berinternet sehat!!
    @aplikasi fb : hehe, iya ,, jangan lupa sholat ya..
    @Mbak Elsa : hehe,,,internet sehat memang membawa manfaat mbak

    BalasHapus
  28. aulawi ahmad : makasih mas.. memang sudah seharusnya dimulai dari sekarang..
    @Hatta : iya mas.. aku saja kadang kala sudah kena dampak sering menatap layar.. apalagi bagi mata..
    ayo berinternet sehat...

    BalasHapus
  29. asih banyaj lagi kegunaan internet secara sehat. visit back http://pambudie.blogspot.com/2010/11/internet-sehat-bikin-hebat.html

    BalasHapus
  30. Pambudie : sipp.. makasih dah berkunjung..

    BalasHapus
  31. Iya nih.. Jangan sia-siakan internet. Banyak hal yang bermanfaat di internet.

    BalasHapus

Hai Sobat.. Jangan lupa memberi komentar ya...
terima kasih..