Jumat, 24 September 2021

MAKIN TAHU TENTANG PERAWATAN KUCING DENGAN CARA INI (UPGRADE ILMU TENTANG ANABUL KITA)

Assalamualaikum...


Sebagai seseorang yang ingin melakukan hal terbaik untuk orang-orang yang disayanginya (termasuk kucing-kucing), apabila kita menemukan hal yang kita tidak tahu, pasti kita akan mencari tahu. Bukan hanya untuk yang baru mulai memelihara saja, bahkan seseorang yang sudah cukup berpengalaman pun tetap perlu meningkatkan ilmunya, dan nggak cepat puas. Karena semakin hari, ilmu akan terus bertambah seiring berkembangnya teknologi. 

Begitupun denganku. Aku tipe orang yang penuh rasa ingin tahu dan benar-benar menginginkan wawasan baru saat bertemu dengan kasus yang belum pernah aku temui sebelumnya. Aku akan melakukan beberapa hal ini ketika aku temui pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal sehingga benar-benar menemukan tindakan yang tepat untuk kucingku.

Berikut ini adalah tempat yang bisa kita datangi (tempat yang nyata dan virtual) dan cara yang bisa kita lakukan, ketika kita ingin upgrade ilmu mengenai cara-cara pemeliharaan kucing.

1. Konsultasi dengan dokter hewan di kota kita.

Ketika kita mulai memelihara anabul, walau kita inginkan perawatan sesederhana mungkin, minimal kita harus tau alamat dokter hewan terdekat di daerah kita. Jadi sewaktu-waktu jika ada kondisi gawat, kita tau kemana harus pergi. Kalau bisa sekalian minta nomor whatsapp dokter dan berkawan dengan dokternya, jadi kita bisa sering berkonsultasi dengan beliau.

Kalau di daerah Banyuwangi, aku biasa memeriksakan kucingku di Twins Petshop, dengan dr Kartika. Disana juga bisa grooming kucing, menitipkan kucing, beli perlengkapan untuk kucing, anjing, hamster, dll.  Alamatnya di Jl. Letjen S. Parman No. 89 Pakis Banyuwangi

2. Punya teman/sahabat yang juga suka kucing seperti kita.

Ini akan sangat membantu apabila teman kita juga penyayang binatang, kita bisa sharing segala hal dengan dia tanpa harus sungkan.

3. Ketik pertanyaan kita/ yang ingin kita ketahui di search engine contohnya google

Aku sering melakukan ini, jadi ketika ada pertanyaan di benakku, otomatis aku cari di google. contohnya ketika aku galau saat akan melakukan steril pada kucingku, otomatis aku akan mencari data dan ilmu tentang itu, dan aku baca artikelnya.

4. Bookmark beberapa website tentang kucing yang kira-kira akan berguna bagi kita.

Ketika kita sedang mencari data-data tentang perawatan kucing, sering kita mampir ke website yang khusus membahas tentang anabul. Tentu disana kita akan banyak temukan ilmu-ilmu yang pastinya akan berguna untuk kita ke depan. Biasanya web atau blog tersebut aku bookmark sehingga bisa aku baca kapanpun tanpa lupa alamatnya.

Ada beberapa website dan blog seringkali menjadi rujukanku, namun sedihnya banyak diantara blog tersebut yang sudah tidak aktif lagi. berikut beberapa contohnya.

- https://tanyadokterhewan.com/

- http://www.radiokucing.com/

https://kucingpersia.co.id/

https://petpintar.com/

5. Menggunakan twitter, dan mengikuti akun-akun yang bisa bikin kita semakin pintar. 

Contoh ikuti akun @zoo_fess, sebuah akun khusus membahas binatang.


Dengan menggunakan twiter dan mengikuti akun tersebut, kita bisa cari banyak sekali mention dan konsultasi secara online dari para catlovers maupun penyuka hewan lainnya. Kita bisa ikut bertanya disana jika akun tersebut sudah followback kita. Disana juga sangat terbuka untuk diskusi secara online dan banyak teman-teman baru yang akan merespon pertanyaan kita. Ini seru banget sih menurutku. Aku juga sering ikut menjawab pertanyaan dari teman-teman lain. Kita juga bisa berbagi foto-foto anabul kita, dan berbagi dengan yang lain dengan meretweet tweet yang berguna.

Banyak lagi akun-akun lain yang mengkhususkan membahas hal-hal tertentu. Seperti ketika inginkan belajar bahasa inggris, kita bisa follow @.englishfess dan lain-lain.


6. Menggunakan sosial media Instagram, dan mengikuti akun-akun tentang kucing. Banyak banget akun tentang kucing, namun tidak banyak akun yang juga memberikan pengajaran tentang merawat kucing. Kebanyakan akun-akun yang terkenal hanya membagikan foto dan video kucing yang cantik dan lucu. Beberapa akun yang juga banyak berbagi ilmu contohnya akun @makinpahamkucing , coba deh follow akun itu. Disana kamu bisa dapatkan banyak ilmu baru seputar pemeliharaan kucing.

7. Menonton video-video di Youtube

Ketika kucing liar cewek yang beberapa kali ke rumahku tiba-tiba memberikan gelagat akan melahirkan, seketika aku sangat bingung dong... aku dan adikku nggak pernah sekalipun membantu kucing melahirkan. Aku langsung cari cara di google, dan menonton tutorial di Youtube. Tinggal kita search kata kunci tentang itu, kita bisa dapatkan video yang sesuai. Alhamdulillah dengan 2 cara tersebut aku dan adikku berhasil membantu kucing tersebut melahirkan dengan selamat dan bisa mengadopsi anak-anak kucingnya.

8. Download Aplikasi khusus

Beberapa aplikasi di playstore sangat berguna bagi para pecinta kucing/ hewan kesayangan lain. Namun aku pribadi tidak menggunakan itu. Sempat aku mendownload aplikasi Peto, namun ternyata jarang aku gunakan. Kalian bisa searching aplikasi yang akan bisa membantu kamu di google. Pakai kata kunci Aplikasi untuk petlovers, atau kata kunci lainnya.

9. Ikuti forum atau grup para catlovers

Dulu, aku salah satu member forum di kucingkita.com. Disana aku sangat terbantu dengan banyak sekali interaksi sesama member yang berbagi banyak kasus dan bertanya satu sama lain. Disana banyak pembagian forumnya, ada forum khusus perkenalan, forum konsultasi tentang penyakit kucing, dan lainnya, walau aku tidak terlalu aktif disana, namun itu sangat membantu jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan. Namun sepertinya saat ini forum tersebut sudah tidak aktif.

Nah, kemarin ini aku sempet cari-cari barangkali ada forum terbaru, dan aku menemukan 1 forum ini. Insya Allah aktif, dan apabila kalian membutuhkan, juga bisa join disini.

- https://miawholic.com/forums/

10. Menuntut ilmu secara formal jadi dokter hewan.

Ini nih, cara yang paling ampuh. Nggak cuma ilmu tentang merawat kucing, namun bisa dapat ilmu yang banyak tentang hewan-hewan lainnya. Bagi kalian yang punya passion dan kesempatan, jangan ragu untuk kuliah kedokteran hewan. Di masa depan kalian akan banyak membantu para penyayang hewan. Sangat menarik bukan..

Itu dia 10 tips upgrade ilmu tentang merawat hewan peliharaan versiku. semoga bisa membantu.. Mungkin kalian ada tambahan? Jangan lupa share di kolom komentar... Semangat terus ya...

Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai Sobat.. Jangan lupa memberi komentar ya...
terima kasih..