Rabu, 01 Januari 2014

Teluk Ijo!! Tadabur Alam menantang di Kota sendiri

Selamat Tahun Baruuuu!!
Semoga nggak nyesel karena tahun 2013 sudah meninggalkan kita ya..
Nggak ada yang perlu disesalkan, karena waktu memang nggak bisa diulang kembali.
Sekarang saatnya menggunakan waktu kita dengan sebaik-baiknya di tahun 2014 ini. Lakukan kegiatan yang berguna, positif, dan tentu saja yang sesuai dengan tujuan hidup kita.
Okeeh.. walaupun sekarang sudah tahun baru, tapi karena liburan masih belum usai, jadi boleh dong, aku mau bagi-bagi sedikit pengalaman liburanku. Walaupun tamasya singkat, tapi benar-benar membuat mata dan pikiranku seger. Mungkin yang capek hanya kaki dan tubuh aja. Nggak masalah, karena ini liburan, so jadikan semuanya menyenangkan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di tempatku bekerja, yaitu di RS Yasmin Banyuwangi, setiap akhir tahun Insya Allah selalu diadakan acara Tadabur Alam. Yaitu kegiatan yang bertujuan untuk semakin mendekatkan diri kita kepada sang Pencipta melalui berwisata ke tempat-tempat indah, mengunjungi keindahan alam di sekitar kita, melihat dan merasakan semua nikmat dan keindahan yang Allah Subhanahu wata’ala  telah berikan kepada kita. Dengan begitu, semakin bertambah rasa syukur kita kepada Allah, atas semuanya . Subhanallah... Alhamdulillah.. Dan juga dengan adanya kegiatan ini menjadikan kita semakin sadar akan tugas kita, yaitu menjaga dan melestarikan semua karunia Allah, baik berupa Alam dan segala di sekitar kita. Bukan malah merusaknya.
Dan sesuai dengan kata Pak Bupati kami :
Siap Pak!!

Dan juga selaras dengan destinasi wisata  yang sudah dimusyawarahkan sejak akhir  tahun lalu, tahun ini kami akan ber-tadabur alam ke salah satu andalan wisata Banyuwangi yaitu ke Teluk Hijau (Green Bay). Warga Banyuwangi  biasa menyebutnya Teluk Ijo. Teluk ijo adalah salah satu tempat wisata alam yang sudah menjadi incaranku sejak lama, tapi belum kesampaian karena jaraknya jauh dari Banyuwangi kota. Teluk ini terkenal indah, sepi, bersih, dan tersembunyi (tipe pantai yang aku suka). Akhirnya di tahun ini, impian untuk kesana bisa terwujud. Dan juga, akomodasi ditanggung kantor. Alhamdulillah ya Allah..
      Teluk Ijo, berada di desa Sarongan, Kec Pesanggaran Banyuwangi. Kira-kira 90 km arah barat daya dari Banyuwangi kota. Kami berangkat dengan kendaraan sejenis jeep dan tropper dari agen wisata. Jenis mobil yang sesuai untuk wisata petualangan kami kali ini. Kira-kira sekitar 12 mobil yang ikut dalam rombongan. Ada sekitar 60an orang yang ikut. Kami berangkat sekitar pukul setengah 6 pagi. Ini merupakan perjalanan terjauhku menjelajah Banyuwangi untuk berwisata. Jadinya semangat abiss!!

Kami melewati Rogojampi, Srono hingga Pesanggaran. Jalan ini juga jalur menuju tempat wisata yang lainnya, seperti Pulau Merah, Sukamade yang terkenal akan penyunya, dan Rajegwesi, dan tentu saja Taman Nasional Meru Betiri. Rasanya memang jauuuh sekali. Tapi tetap fun, karena pemandangan disekitar yang bagus. Ada sawah yang masih luas membentang, gumuk yang hijau, pasar, dan rumah-rumah penduduk yang sederhana tapi sangat asri.

Yang paling aku ingat adalah, di kiri jalan ada sungai lebar yang mengalir. Sungai yang bersih dan terawat. Kami juga melewati sebuah jalan dengan pembatas yang sempit. Pembatasnya berukuran hanya selebar badan mobil. Benar-benar sempit dan pas. Salah sedikit saja, pasti mobilnya kena dindingnya. Dan itu keren sekali. Berarti kendaraan besar seperti truk tidak bisa masuk kesana. Kami juga sempat lewat Jembatan yang menegangkan. Kondisi jalan, dari kota sampai kira-kira 2/3 perjalanan masih mulus, kondisinya bagus. Bahkan saat kami melewati Perkebunan Sumberjambe, sampai ke Perkebunan Sungailembu, di kanan kiri ada perkebunan Karet, coklat, dan di sepanjang jalan ditanam tanaman perdu berdaun merah ungu. Subhanallah... keren sekali. Ya, mulai dari sinilah petualangan kita, karena jalanan mulai agak rusak. Kondisi ini berlangsung sampai kita mulai memasuki daerah yang dekat hutan, jalan mulai berkelok-kelok dan hijau dimana-mana. Jalan rusak (tapi mengasyikkan.. haha), naik turun, sampai kita di Balai Taman Nasional Meru Betiri. Perjalanan masih berlanjut, sampai kita melewati jalan yang dari jauh sudah terlihat pantai. Sumpah, dari jauh saja sudah keliatan bagus, apalagi dari dekat ya.... disana sempet aku liat ada yang lagi pemotretan, bahkan pake tripod segala. Like-like-like.
       Udah nggak sabar banget pingin segera sampai. Tapi ternyata, setelah mobil-mobil kami susah payah untuk parkir di jalan yang sempit plus naik-naik itu, kami harus berjalan kaki sekitar 1-2 km lagi. Yang lebih ekstrim, jalur jalan setapak itu sangat-sangat sempit dan melewati tebing yang naik turun. Dihiasi batu-batu besar dan jalan yang agak licin bekas hujan kemarin. Kita harus super hati-hati karena di samping kita ada jurang. Aku agak nggak menikmati pemandangan saat di jalur ini, karena harus berjalan beriringan dengan teman-teman yang lain, satu-satu, dan juga karena faktor kelelahan. Jadinya nggak liat kanan-kiri, padahal, sepanjang jalan, banyak pohon-pohon bagus, dan langka, tapi aku malah nggak sempat mendokumentasikannya. Ngos-ngosan kawan. Tapi tetap mantab. Saya berjalan kaki kira-kira 45 menit.
      Taraaaa... kami sudah hampir dekat di pantai... pantai yang indah, bersih, dan yang lebih keren, semua dipenuhi batu. Mulai batu yang agak kecil di bibir pantai, hingga batu-batu yang berukuran lebih besar memenuhi pantai itu. Ternyata kami sampai di pantai Batu. Sesuai banget ya dengan namanya. Tapi nggak kalah deh, pantai ini juga bagusss.... dan melewati pantai ini kerasa lebih susah. Karena batu-batunya membuat langkah jadi lebih berat dan harus hati-hati.

penampakan Pantai Batu yang juga indaah...
     Tour Guide kita pun mengajak kita melanjutkan perjalanan ke pantai yang menjadi tujuan kami. Tepatnya dibalik bukit pantai batu. Dan akhirnyaaaa.....

Kami sampai di Teluk Hijau sekitar jam 10 kurang. Jadi diperkirakan mulai berangkat hingga sampai di tempat, dikurangi perhentian dan hal-hal lain kurang lebih 1 jam, perjalanan kami sekitar 3 jam lebih.
Gimana rasanya? Nggak bisa diungkapin! Seneng! Akhirnya aku sampai disana. Bersusah-susah dahulu. Bersenang-senang kemudian.

Pantainya bagus banget. pasirnya putih, bersih, air lautnya juga biru kehijauan. Ombaknya tenang,  Karangnya bagus, juga banyak pepohonan disana. Walau aku nggak nemuin banyak pohon kelapa.
Dan akhirnya,, saat yang paling dinanti sudah tiba!! saatnya foto2, makan2 dan main air!
Rujakan yuk...
Keren ya fotonya.. foto teman2, yang diambil dari facebooknya.. :)

Seseorang yang paling tak bergaya.. aku (berbaju coklat) n temenku
Disana juga ada air terjun imut yang saat kami kesana, ternyata airnya sedang deras. Alhamdulillah..
air dari air terjun mengalir menuju laut..
       Selain dengan berjalan kaki (trekking) naik turun gunung, ada satu cara lagi untuk sampai disana. Yaitu naik perahu atau jukung. Caranya, mobil kita bisa parkir di Pantai Rajegwesi, kemudian naik perahu dari sana. Biayanya terjangkau, saat kami kesana kemarin, sekitar 25 ribu untuk satu orang. Langsung turun di teluk Ijo. Perjalanan sekitar 10 - 15 menit. Naik jukung juga seru lo, karena hempasan ombak membuat suasana menegangkan. Hati-hati juga untuk yang gampang mabuk laut.
     Disana juga dekat dengan Goa Jepang, habitat Raflesia, dll. tapi sayang aku nggak kesana. Yaaah.. tapi pokoknya semua lelah terbayarkan deh... jadi pengen kesana lagi... kurang puas saya... apalagi belum punya kamera sendiri. pinginnya kapan-kapan kesana lagi, sambil bawa kamera milik sendiri. Aamiin ya Robbal Aalamiin......

Saat kami kesana, banyak juga pengunjung yang berwisata di sini. Aku seneng banget, karena mereka ternyata juga mau sampai disini walau akses susah. Tapi semoga kita semua tetap sadar ya, untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan alam kita. Jangan sampai kita meninggalkan sampah-sampah yang dapat merusak keindahannya.

Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki
Jangan mengambil apapun kecuali foto dan sampah

Jangan membunuh apapun kecuali waktu

Like this lah pokoknya... hayo.. sapa yang mau ngajak aku lagi... hehehe. Ditunggu ya di Banyuwangi... :)

NB : Mohon maaf apabila ada keterangan tempat / data yang salah.. dan mohon koreksinya.. terima kasih..