Sabtu, 24 Maret 2018

Negatif thinking berkepanjangan

Baiklah, saya sedang dalam mood untuk menulis sesuatu. Alhamdulillah waktu dan kesempatan mendukung. Sebenarnya sebelum tulisan ini dibuat, beberapa kali saya sempat menulis, beberapa kali pula tulisan itu mandek dan hanya menjadi draft pendek yang masih sayang jika saya hapus. Itulah saya, saya bisa tiba-tiba menemukan ide, tapi sama sekali tak bisa untuk mengeksekusi dengan baik.

Ah, kenapa hal ini selalu menjalari kehidupan saya. Liat kan, dari 1 paragraf tulisan saya diatas, kelihatan banget kan bagaimana negatifnya saya. Apalagi dalam kehidupan nyata saya. Saya adalah salah satu orang yang paling rendah diri. Karena saya merasa memiliki banyak sekali kekurangan. Dan saya yakini itu fakta, bukan semata hanya perasaan saya sendiri.

Tidak bisa. Kata-kata itu sering sekali muncul dalam kehidupan saya. Entahlah. Sampai saat ini saya masih belum bisa menyembuhkannya. Satu lagi, keluhan. Saya masih sangat suka mengeluh... Ya Allah maafkan saya.

Seseorang yang sering menjadi tempat saya berceritapun, tak kuasa tergelak, dan gemas. Astaghfirullah... "Apa hasilnya kamu berusaha belajar mendekatkan diri pada Sang Pencipta jika kamu masih saja banyak berprasangka buruk. Ayolah, berusahalah untuk tidak banyak mengeluh, ucapkanlah kata-kata baik. Selain itu, lebih baik diam. Kamu seperti terlihat baik, tetapi pahalamu sudah hilang berterbangan karena kamu sering mengungkit dan mengeluh. Dan jika kamu menganggap dirimu rendah, itu sama saja kau tidak bersyukur dan bahkan memandang rendah ciptaan Allah. Kita tidak boleh berburuk sangka kepada Allah. Setiap insan bergulat dengan kehidupannya dan semua orang memiliki ujiannya sendiri. Tentu saja ujian tersebut tidak akan lebih berat dari kemampuannya. Kita harus selalu berpikir positif." Akhirnya beberapa kata bijak muncul kembali darinya.

Aku hanya bisa diam merapatkan gigi. Sudahlah, saya tidak akan menyanggah atau berkomentar karena pasti kata-kata negatif lagi yang muncul.

Sepertinya saya harus benar-benar harus mulai merubah diri saya dari awal. saya tidak mau menyalahkan siapapun, karena yang bermasalah adalah diri saya sendiri. Dan yang bisa merubahnya sedikit demi sedikit tentu adalah diri saya juga.


لاَ يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلاَّ وَهُوَ يُحْسِنُ بِاللَّهِ الظَّنَّ  ( رواه مسلم، رقم  2877 )
 “Janganlah salah satu di antara kalian meninggal dunia kecuali dia berprasangka baik kepada Allah.” (HR. Muslim, 2877)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai Sobat.. Jangan lupa memberi komentar ya...
terima kasih..