Jumat, 10 Desember 2010

2010 : Perlu Banyak Perbaikan!!

Assalamualaikum, gimana kabar sobat sekalian.. semoga selalu sehat dan bahagia.
Nggak terasa ya sobat, tahun 2010 sudah hampir usai. Sepertinya baru kemarin aku mencoba kembali menapaki dunia Blog ini setelah tahun kemarin blog pertamaku berhasil terbengkalai.. hehe. dan akhirnya di awal tahun 2010 ini, dengan semangat baru, aku membuat blog keduaku ini. Semoga bisa tetap bertahan, walau kadang aku merasa tak ada apa-apanya dibandingkan blog milik kawan-kawan. Tapi karena itu aku bertahan, karena aku masih ingin belajar dan belajar.. Semangat!!

Karena tahun 2010 ini sudah hampir usai.. sekarang saatnya muhasabah alias evaluasi diri. Gimana dengan tahun 2010ku? apa yang sudah aku capai? trus, kelemahanku apa? apakah lebih baik dari tahun kemarin atau sebaliknya.


Kali ini yang aku evaluasi adalah tentang pekerjaan. Walaupun banyak sekali hal lain yang juga harus dievaluasi, namun "pekerjaan" adalah salah satu yang  penting.
Tahun 2010 ini, menurutku merupakan tahun yang penuh perjuangan. Tahun ini belum banyak kemajuan yang aku peroleh, bahkan masih stagnan. Ya bisa dibilang, masih status quo.
Kenapa begitu?
karena tahun ini masih sama seperti tahun 2009, ketika aku baru mulai bekerja. Hingga sekarang, keadaan belum banyak berubah. Aku masih bekerja di tempat yang sama (di Warnet & Pengetikan). Sebenarnya aku enjoy sekali bekerja disini, karena aku bisa sering online dan ngeblog(bisa kenal dengan sahabat semua). Dan aku bersyukur.. sekali. Namun ada yang lebih penting yaitu kelangsungan hidup. Kebutuhan yang semakin melambung ke angkasa, membuat aku harus mulai memikirkan pekerjaan yang lain.

Memasuki awal tahun 2010 kemarin, aku dengan semangat baru kembali bermimpi dan tentu saja ingiiiiiiin sekali terwujud yaitu bisa mempunyai pekerjaan yang lebih menghasilkan.  Walau aku menyadari tentu butuh usaha dan resiko yang lebih keras lagi. Apalagi dengan tingkat pendidikan yang hanya sampai sekolah menengah ini. Dan akhirnya, Aku pun mulai mencari kerja. Tentu saja tanpa menelantarkan pekerjaanku yang sekarang.  Aku selalu berusaha profesional (gimana itu ya.. :D) dalam bekerja. Aku juga mencoba mencari Side job. Namun, sampai penghujung 2010 ini belum ada yang berhasil (Eh, ada satu.. ngisiin pulsa.. tapi seringnya buat sodara sendiri... he2).

Kegagalanku itu, selain memang sudah jalannya, tapi tentu saja ini semua nggak lepas dari kesalahanku alias "Human Error". Saatnya mengevaluasi apa yang salah dengan diri kita. Aku harus mengaku...
Pertama, semua itu butuh kemauan dan niat 100%.
Untuk dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, kita butuh niat yang kuat. Kalau niat setengah-setengah, pasti hasilnya juga nggak Maksimal. Aku juga begitu, pertama ada lowongan.. aku menggebu-gebu ingin melamar, tapi setelah mau melamar, aku kembali ragu. Dan berkurang juga semangatku.. Apakah pekerjaan yang baru ini akan lebih baik dari sebelumnya, atau tidak. Duh, sifat seperti ini jangan ditiru sahabat.
Kedua, kurang Percaya Diri.
Bukan hanya di tahun 2010, tapi sifat satu ini memang sering menjangkitiku. Pernah aku melamar kerja disuatu tempat, ternyata teman-teman yang melamar lainnya sudah Sarjana, hihi.. jadi ciut nyaliku. Contoh lainnya, saat pertengahan tahun ini aku dipanggil Interview, namun karena aku lagi-lagi kurang percaya diri, semuanya jadi nggak mulus.
Ketiga, kurang bisa cari informasi.
Aku emang orangnya susah kalo diajak keluar-keluar, cari informasi, kurang bersosialisasi dengan orang lain, dan hingga kini aku masih belajar untuk merubah sifatku itu, sulit ternyata.
Keempat, Kurangnya usaha dan masih sering kena virus Malas.
Virus yang membuat kita banyak menyiakan waktu. Aku sadar, tahun ini aku masih sering membuang waktu. Contohnya saja, saat senggang terkadang aku malah menghabiskan waktu untuk menonton televisi. Seharusnya aku bisa menggunakan waktu itu dengan lebih baik lagi. Mencari Informasi, atau belajar pada teman tentang kiat-kiat mendapatkan kerja lebih baik daripada hanya menonton TV seharian.
Kelima, gampang putus asa
Entah kenapa, seiring kegagalanku itu, aku sering dihinggapi  perasaan rendah diri dan putus asa. Dimana aku merasa nggak berguna, karena sampai tahun 2010 ini hampir berlalu aku masih belum bisa berhasil.
Keenam, mungkin salah satu yang paling penting. Yaitu kurang Doa. hemmm.... kualitas ibadahku masih naik turun, (Ampuni aku Ya Allah...). Padahal semuanya itu nggak akan berubah tanpa seijin Allah.

Begitu banyak kelemahanku, baik di tahun 2010 ini maupun yang sudah menjadi pembawaanku.
Penyesalan memang akan datang belakangan. Aku sadar aku belum berusaha 100 % tahun ini. Pantas aku tahun ini belum berhasil memperbaiki hidup. Semua Keputusan memang akhirnya ada di tangan Yang Maha Kuasa, tapi kita juga nggak boleh lengah dalam berusaha dan berdoa. Insya Allah diberi jalan yang terbaik.
Cukuplah tahun ini, aku masih bermain-main dengan pikiran yang kenanak-kanakan.  Aih, tapi kalau ini terjadi terus menerus... aku bisa kehilangan banyak waktu. Dan aku nggak mau jadi orang yang terus "Rugi".
Tapi tahun 2010 ini, tentu saja masih tetap menjadi tahun yang indah. Especially menjadi tahun pendewasaan diri (tahun ini aku udah 20, bukan ABG lagi.. :)).
Untuk sahabat semua... jangan membudidayakan kelemahan seperti aku diatas ya... :D.

Dan Harapan di Tahun 2011..
Soal pekerjaan, semoga diberikan jalan yang lebih baik. Entah harus tetap seperti sekarang, atau bagaimana. Yang penting harus dijalani dengan Hati senang dan semangat.
Semoga titik cerah itu cepat datang. Aku akan memperbaiki diri sebisa mungkin. Aku ingin meringankan beban keluarga. Dan tentu saja, aku sangat butuh dukungan dari sahabat sekalian untuk menjadi lebih baik...
Semoga aku diberi kemudahan untuk itu...
Dan semoga kita semua dipertemukan dengan tahun 2011 dalam keadaan yang lebih baik lagi.. Amin..


Rasulullah SAW bersabda:
"Bekerjalah kamu seakan kamu akan hidup seribu tahun lagi, dan beribadahlah kamu seakan kamu akan mati esok hari" 

***
Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp

10 komentar:

  1. semoga ditahun yang akan datang menjadi lebih baik lagi...

    dan semoga sukses dengan kontesnya ^^

    BalasHapus
  2. Kalo saya cenderung no 6 ditingkatkan. Hanya semata mencari ridha Allah, maka insya Allah kita akan dimudahkan dalam segala urusan. saya telah membuktikannya

    BalasHapus
  3. 3 M,
    1. mulai dari yg kecil,
    2. mulai dari diri sendiri dan
    3. mulai dari sekarang

    Ayo dari skernag lakukan yang terbaik, daripda nunGGu besok blum tentu ada umur heheh perbaikan pasti setiap orang menginginkan Yg terbaik tanpa kecuali aku...

    Mudah-mudahan dgn mNGingat Alloh setiap langkah kita .. akaN menjadi yang terbaik... AMinnnn

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.M.A.T - Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
    Akan dicatat sebagai peserta

    Salam hangat dari Markas Blogcamp di Surabaya

    BalasHapus
  5. mantap.. semoga menang kontesnya ya...

    BalasHapus
  6. semoga tahun depan akan lebih baik dari semua segi kebaikan.. amin :)

    BalasHapus
  7. wah-wah kok banyak persamaan dengan saya nih.. sama-sama penjaga warnet, jualan pulsa lagi.. jangan-jangan mbak ini blogger patah hati seperti saya yah hehehe

    BalasHapus
  8. Artikelnya sudah dicatat dalam buku besar
    Salam hangat selalu.

    BalasHapus
  9. saluuuuuuuuuuut

    hebat sekali
    bisa menemukan hal hal yang patut diperbaiki dari diri sendiri....
    biasanya kan susah.
    lebih gampang menemukan kelemahan orang lain dibanding kelemahan kita sendiri

    semoga sukses yaaa

    BalasHapus
  10. all : makasih banyakk.... :)
    kalian bikin aku semangat!!

    Lozz : haha, nggak juga atuh mas..
    Pak Dhe & Om Iwan : trimakasih.. semoga berkenan Om..
    Yang sudah mendoakan.. makasih banyak...

    BalasHapus

Hai Sobat.. Jangan lupa memberi komentar ya...
terima kasih..