Jumat, 31 Desember 2010

Menafsirkan puisi yuk... :)

Assalamualaikum...
Barusan, baru tau ada kuis Tafsir Mimpi Puisi Berhadiah yang ada di Blognya Mbak Fanny (Sang Cerpenis bercerita). Dan sepertinya menarik... hehe. Walaupun aku nggak begitu bisa membuat & Membaca puisi dengan benar.. tapi semoga saja tafsiranku ini bisa diterima.... Soalnya hari ini jam 12 siang udah ditutup. Oke deh, nggk mau terlalu banyak bicara, langsung aja dikerjakan.

Ini dia Puisinya...

PUISIMU, PUISIKU

Betapa sulitnya Merayu
Ketika Jempol Kaki Terantuk Batu

Amboi nyut ..nyut...
nyut nyut ...
Hati siapa tak berdenyut

Amboi Nyut Nyut...
Hati Siapa Tak Terajut

Kita Rajut Ikan Paus
dengan Benang Merah Muda
Sambil menyanyi penuh mesra
"Menanam Jagung di Kebun Kita "

Hai ambilkan jarum dong...
Oke..oke...dang ding dong....

Waktu Berjalan Tak terasa
Seperti memang seharusnya

Yes Oh Yes..
Selesai juga akhirnya

Kau ambil ember
.....untuk Paus Berenang

Hoiii...dia melompat...
ke kolam

Astaga Paus itu membesar
Membesar ..
membesar........
membesar............
.......memenuhi ...
Samudra




Gimana, keren kan puisinya.... dan unik dalam penggunaan katanya...
Aku coba tafsirkan ya... Sengaja aku buat tidak menurut Baitnya, tapi secara keseluruhan....

Puisi ini dibuat saat sang Pangeran sedang bersama Putri pujaannya.. Dan salah satu cara paling tepat yaitu dengan membuat puisi. Puisi? tentu saja bukan hal yang mudah membuatnya... Apalagi puisi untuk merayu sang gadis.. wah, segala hal dilakukan demi menyenangkan & mendapatkan  hatinya. Sampe nggk sadar jempol kaki terantuk batu. Rasanya sakit dan berdenyut-denyut.. seperti saat Sang Pangeran menatap sang Putri. Jantung berdebar-debar tak menentu. Benar-benar sudah terbawa cinta... 

Sang Pangeran merayu bukan tanpa tujuan jelas, namun ada satu tujuan utama, yaitu keseriusan untuk melanjutkan hubungan di Masa depan . Terlihat dari kalimat  "Kita Rajut Ikan Paus...dengan Benang Merah Muda". Ini maksudnya, Sang pangeran menginginkan agar kelak dapat membangun suatu Rumah Tangga yang Indah dengan Sang Putri... tentu saja harus di rajut dengan Cinta dan Kasih sayang... So sweet.... Bersama-sama menatap masa depan, Dan harus kompak dan saling bekerja sama... seperti bernyanyi lagu "Menanam Jagung di Kebun Kita "..Dan  saling bekerja sama dalam Menjahit Ikan Paus ini. Bekerja sama membuat Ikan Paus (Pengibaratan dari Cinta) menjadi lebih hidup.

Waktu terus berjalan, dan Sang Pangeran semakin yakin akan pilihannya. Karena itu Dia menginginkan cinta ini nggak akan pudar. Dia begitu serius dalam menjalaninya., nggak berpaling dari Tujuan Utama yaitu hubungan sampai kelak nanti (Terlihat dari mereka menyelesaikan Ikan Pausnya). Setelah beberapa waktu bersama, menemukan kecocokan, dan membangun cinta yang sangat besar.. Bekerja sama demi masa depan yang cerah... seperti Ikan Paus Yang membesar ... membesar . ... memenuhi samudra. Dua Orang saling beriringan membangun cinta yang sangat besar.... seluas Samudra. Menatap masa depan dengan cerah, dan berharap selalu bersama dalam suka maupun duka. Semoga Sang Pangeran dan Sang Putri selalu Langgeng dan Bahagia... :)



Finish... Itu dia tafsiranku mengenai puisi diatas.
Maaf kalo kata-katanya agak lebay.. hehe.. *terbawa sama puisinya nih..hehe*.
Dan Novel yang dipilih adalah House of Dreams karya Anne Montgomery.

Semoga berkenan mbak Fanny.... :).

13 komentar:

  1. ok deh, Ajeng..makasih sudah turut serta. moga menang ya.

    BalasHapus
  2. wahhh ajeng ikut juga
    hihii
    untung bukunya gx sama ama yang chika
    wkekeee :))

    BalasHapus
  3. @Mbak fanny ; makasih mbk... :)
    @Chika : hehe, iya chika... hehe, smoga dapat smua ya.... :)

    BalasHapus
  4. Ikutan tafsir puisi ya.. Semoga menang ya.
    Kali ini aku nyerah deh, gak sanggup menafsikan puisi di atas... hehehe

    BalasHapus
  5. Semoga novel yg diincer berhasil didapatkan... ^_^

    BalasHapus
  6. wah, kurang paham masalah puisi, hehehe

    BalasHapus
  7. Ajeng, nomor telponmu jgn lupa ya. supaya kalo nyasar atau susah ditemukan, kamu bisa ditelpon oleh pihak TIKI. mohon segera beritahu nomor telponmu ya. bisa diimel. karena rencananya hari jum'at hadiah mau dikirim. Tinggal tunggu kamu nih.

    BalasHapus
  8. Selamat atas kemenangannya ya...

    BalasHapus
  9. waaaaaaaaaaah menang!!!

    ikutan seneng deh

    Selamat yaaa Ajeng

    BalasHapus
  10. ih ih ih....
    lucu banget itu cara menterjemahkannya...
    unik banget mbak ^___^

    hihihihi.. jadi senyum sendiri membaca secara potong2 gitu ^^

    BalasHapus
  11. menang ya...
    selamt ya
    moga makin semangat belajarnya
    kunjungi jg bahan bacaan saya :

    jurnal ekonomi andalas

    BalasHapus

Hai Sobat.. Jangan lupa memberi komentar ya...
terima kasih..